Skip to main content

    [Puisi Tentang Sumpah Pemuda] Sumpah Sejarah Janganlah Pernah Punah

    Puisi tentang sumpah pemuda atau kata kata ucapan hari sumpah pemuda dengan judul puisi sumpah sejarah jangan pernah punah.

    Bagaimana kata kata puisi sumpah pemuda dalam bait puisi sejarah sumpah pemuda yang dipublikasikan berkas puisi kali ini.

    Apa makna sumpah pemuda yang terkandung dalam bait puisi tentang sumpah pemuda panjang atau puisi bertemakan sumpah pemuda.

    Untuk lebih jelasnya puisi di hari sumpah pemuda disimak saja berikut puisi tema sumpah pemuda berjudul dalam deretan bait puisi sumpah sejarah janganlah pernah punah.


    PUISI SUMPAH SEJARAH JANGANLAH PERNAH PUNAHOleh: Rachmat Hidayat

    Gelora sumpah pemuda, diera dunia yang menggoda, masihkah bergemuruh didada anak bangsa? Ketika sumpah 1928 dideklarasikan, pemuda disatukan oleh isu penjajahan, tak ada pengkotakkotakan yang membedakan. Sumpah telah membangunkan mengingatkan dan menyatukan.

    Kini waktu telah mengubah,
    sumpah tinggalah sejarah,
    melambat dan dapat punah,
    semoga ini tak kan pernah,
    tak boleh terpecah dan terbelah.

    Masih kuatkah relevansi sumpah pemuda dengan semangat kepemudaan terkini? Atau sekadar ingatan dalam pelajaran yang mudah terlupakan oleh hari yang berganti? Atau hanya bergelora sesaat dalam upacara sekadar seremoni?

    Dibawah langit biru, sumpah pernah dideklarasikan. Ketika langit menghitam, sumpah tak kan gelap apalagi memudar. Bahkan jika pun langit runtuh, sumpah tetap tertulis dengan utuh. Membuat kita tak jatuh dan tak rapuh.

    Sumpah bukan ucapan serapah, tetapi ucap janji amanah dalam kalimat sejarah. Agar kita bersatu tidak terpecah belah. Sumpah tak boleh terhapus, semangat bersatu tak boleh pupus, ikatan tak boleh terputus. Tangan yang bergandengan membuat kita tak terpisahkan, dan berjalan menuju satu tujuan.


    Demikianlah Puisi tentang sumpah pemuda yang berjudul puisi sumpah sejarah jangan pernah punah baca juga puisi cinta tentang sumpah pemuda atau puisi tentang hari sumpah pemuda yang telah diterbitkan berkaspuisi.com sebelumnya

    Semoga puisi sumpah sejarah jangan pernah punah dapat menghibur dan menginspirasi untuk menulis puisi tentang pemuda dulu kini dan esok atau kata kata kondisi sumpah pemuda pada zaman sekarang

    Rekomendasi Puisi Untuk Anda:

    Buka Komentar